Sabtu, 16 November 2013

penyakit honda win pada umumnya

Seperti penyakit honda win pada umumnya, sepul CDI selalu bikin masalah, bahkan kalo matipun nggak liat2 tempat…. tercatat hampir setiap 3 bulan sy ganti sepul CDI, yg paling lama bertahan malah gulungan tukang, akan tetapi itupun cuma sekitaran 6-7 bulan doang.
Berbekal mbah Google, sy cari2 info tentang kelistrikan DC. Berbekal ilmu yg pas2an tsb akhirnya sy beranikan diri untuk memulai ( tepatnya saat motor kembali mogok gara2 sepul ).
Pertimbangan =
1. Susah cari sepul ori honda win
2. Nggak pengen pusing & mogok krn sepul lagi
3. penghematan jangka penjang
Prediksi kesulitan =
1. Pilihan hanya CDI Shogun, sensor pulser antara shogun & win selisih 4 mm
2. Pengaturan kabel…. ( nggak pengalaman sama sekali )
3. Full Wave paket hemat = berhubung kiprok tiger mahal, cukup pake kiprok 4 kaki ( kelemahan = arus charge tdk sebesar kiprok tiger dan tdk ada voltage regulator, yg ada pembuangan arus ke massa ketika overcharge )
Daptar belanja =
1. CDI Shogun abal2 + soket = 65rebu + 10 rb
2. Kiprok 4 kaki + soket = 25rebu+5rebu
3. Sepul lampu/pengisian astrea prima/grand cendol = 25rebu ( spesifikasi untuk charge accu 12 volt )
4. Kabel secukupnya
5. Accu 5Ah 12V
untuk lebih jelasnya cekidot gambar berikut =
Gambar DESIGN
Hasil =
1. ternyata bisa stasioner walau sensor pulser cm 10mm
2. Ada rpm tertentu cenderung agak mbrebet ( tp rpm ini jarang dipake )
3. Test konsumsi bbm = disinyalir lebih irit, krn 1 mangkuk karbu dg CDI- DC ternyata dapet jarak lebih jauh pas mogok.
4. Power sebenernya lebih plong pake CDI AC ,serasa lebih ngeloss, tapi pake CDI DC ini rpm bawahnya malah nggak ngedrop powernya.
5. Cihuyyy….. krn satu dudukan sepul nganggur, bisa dipake buat lampu head yg ON terus ( harusnya ditambahin kiprok juga ,tapi seadanya dululah, males mbolak mbalik nang toko spareparts )
6. Kalo perlu, lampu head atau kasih lampu tembak yg dilewatkan accu juga no problem ….
Trial =
Saya coba sebulan ini msh no problem, padahal CDInya abal2 plus jarak tempuh tiap hari sekitar 50 sd 60 km.
mOHON do’anya…. semoga ngga mogok lagi dan bisa buat je-je-es….
( oh ya… berhubung sdh 12 volt, maka semua kelistrikan diganti ke 12 volts ya…. termasuk dop lampu, klakson, flasher sign, dsb )


Tips dan trik gulung sepul pada CDI.

Nah sekarang saya akan mencoba menyampaikan info bagaimana cara gulung sepul. Dah pada tau kana pa itu gulung sepul? Bagi yang belum tahu gulung sepul pada CDI itu apa maka saya kan mencoba menjelaskannya..okeh..Gulung sepul pada CDI adalah inti dari pengapian CDI tanpa ada sepul ini maka CDI ini tidak akan bekerja. Intinya sepul CDI ini charger / pengisian arus ke CDI dan ke coil terus ke busi. Udah paham belum? Kalo belum silahkan Tanya jawab sama saya saja. Berikut caranya :
1.       Dalam menggulung sepul ini harus teliti, sabar dan rapi. Supaya hasilnya awet dan maksimal.
2.       Menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya yaitu :
a.       kawat tembaga ukuran 0.012 mm atau 0.010 mm (email kawatnya)
b.       lem besi (plastic steel) bisa juga memakai resin (fiber glass)
c.       alat-alatnya sperti : solder.
3.       Nah cara menggulungnya sebagai berikut :
      Solder dulu kawat tembaga ke sambungan kabel. Gulungan searah dengan jarum jam. Diusahakan menggulung dengan rata. Jangan kendor, sampai penuh ke permukaan keren (inti besi) berkisar kurang lebih jika diukur 450 ohm. Semakin ohm nya besar maka lebih bagus dan lebih besar apinya. Panjang kawat menentukan voltase, besar kawat menentukan Ampere. Setelah selesai di lem dengan rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar